Kamis, 05 Mei 2011

Hati-hati Sekarang Facebook banyak Jebakan Betmennya

Kemarin ketika saya sedang menggunakan Facebook, saya melihat status kembar teman-teman saya. Tadinya saya pikir adalah teman-teman saya sekedar iseng untuk meng-copy status teman saya yang lainnya. Ternyata tidak, ternyata status teman saya ini merupakan virus. Jika kita meng-klik link yang diberikan di status tersebut, otomatis status itu akan tampil menjadi status kita.

Ini penampakan status teman-teman saya yang sudah terkena virus.


Parahnya lagi, saya juga salah satu orang yang kena status aneh tersebut. Karena penasaran dengan link dari status tadi, saya ikutan meng-klik status tersebut. Tapi tenang saja, status saya langsung saya hapus karena mencurigakan (dibaca : agar tidak menyebar virusnya) dan saya langsung ganti password Facebook.


Ini dia status dan linknya yang saya bicarakan tadi.

  • Ini fotoku wkt lg ML http://tinyurl.com/rahasiapribadiku
  • Jangan salahin w kalo lo bakal ngakak ngeliat ni orang :D http://tinyurl.com/sampahh
  • Hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari http://goo.gl/ds4vc KEREN bgt swearr.. buruan…mampir

Sedangkan ini status dan linknya berupa thumbnail video.

  • liat gan video baru ariel ama aura kasih, kesebar !!!! http://goo.gl/LJNU2
  • Masih ada orang yg mau terkenal dan kaya raya dengan memuja setan, termasuk salah satu grup band terkenal di Indonesia ckckckck…. baca selengkapnya di http://tinyurl.com/4fqudco !!!

Menurut sumber : Alfons Tanujaya dari Vaksin.com yang saya baca dari okezone. Virus ini adalah virus buatan lokal (Indonesia) dan menggunakan metode Cross Site Scripting (XSS), satu tingkat di atas metode phising. Namun bedanya metode ini jebakan dan bisa mengirimkan secara otomatis hanya dengan sekali klik saja ke teman-temannya. Jebakan betmen ini menggunakan fasilitas short URL, jadinya kita tidak tau mengarah kemana link tersebut.



Menurut sumber lainnya, jika kita sudah terlanjur meng-klik status ini, lebih baik kita cepat-cepat untuk mengganti password Facebook kita. Jadi buat teman-teman yang menggunakan Facebook untuk lebih berhati-hati ya untuk kedepannya. Semoga bermanfaat.

(sumber : techno.okezone.com, kompas.com, ariphholicz.co.cc, andreasandre.net)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More